Cara Menaikan Performa Suzuki Satria F 150 Supaya Lebih Kencang
Satria F 150 memang terkenal sebagai motor yang digandrungi anak muda karena larinya yang kencang. Nah agar satria 4 tak anda lebih kencang bisa memodifikasi / menerapkan beberapa cara di bawah :
1. Per Kopling
Buat
menyempurnakan penyaluran tenaga mesin, harus didukung entakan
kuat. Maksudnya, respons tendangan balik per kopling. Kerenggangan per
pun tetap terjaga. Sebab kampasnya tak selalu bergesekan dengan pelat
kering. Sehingga peranti itu lebih awet. Punya engine bagus, tapi bila
entakan koplingnya tidak, sama juga bohong. Rpm mesin tak akan
menyentuh putaran tinggi, ujar Cepi, mekanik Pro SE. Solusinya, bisa
pakai merek Inspiro.
2. CDI
Kuda
besi sekarang banyak dilengkapi CDI dengan pembatas rpm alias limiter.
So, jangan protes kalau puncak tenaga mesin enggak pernah
kesampaian. Baiknya, ganti tipe CDI unlimiter, ujar Sumantri bos Chips
Motor di Pos Pengumben, Jakbar. Sudah banyak CDI impor yang datang
untuk memuaskan hasrat ngebut para F150-ers. Misalnya, CDI racing
buatan Thailand, seperti LEK, Shindengen dan TDR. Namun tak ada
salahnya mengaplikasi buatan lokal. Sebab, kualitasnya tak kalah
bersaing dengan peranti pengapian dari Thai itu, lo! Sayang, baru satu
buatan Indo yang berani bertarung. Yakni merek BRT. CDI Shogun kebo
juga bisa di aplikasikan lho.
3. Knalpot
Untuk
menyalurkan gas buang, pilihan knalpot yang ideal jadi penentu
akselerasi. Sebab jika tak tepat, lari motor malah tertahan. Knalpot
besar belum tentu menambah power mesin, ujar Dodo dari Dodo Motor Sport
Racing, di Cileduk, Tangerang. Selain tertahan, jika mengaplikasi tipe
gambot, terkadang tenaga cendrung ngempos alias terbuang percuma. Maka
pemilik Satria F150 (F150-ers), harus pilih yang memiliki spesifikasi
volume sesuai karakter mesin. Pilihanya, beragam knalpot impor dan
lokal bisa jadi diaplikasi. Misal, buatan Thailand seperti merek
Yoshimura. Lainnya, merek Endurance model silencer oval, lalu
Performance lapis karbon dan penyalur gas sisa pembakaran berbahan
stainless steel merek KR9 buatan Thailand. Bila tak ingin mengganti
keseluruhan bagian knalpot, cukup tukar silencernya saja. Buatan lokal
bisa jadi alternatif, soal kemampuan tak kalah dibanding merek
Thailand. Misal merek Sinergy. Lainnya, merek Five Star.
4. Karburator
Beralih
ke piranti penyalur semburan bensin alias karburator juga banyak. Mulai
bikinan Amrik, Jepang hingga Taiwan dapat digunakan. Ukurannya dari 28
hingga 32 mm. Nah, bicarain karbu, tinggal pilih.Keihin atau
Mikuni. Keihin tipe PWK 28 mm, tipe FCR 28 mm vacuum Rp 3,5 juta. Merek
serupa untuk Honda NSR SP bisa dijagokan buat F150. Sedang Mikuni,
hanya tersedia dua option. Tipe TM28 mm, pilih buatan Taiwan. Bedanya
ada dibagian tengah. Racikan Jepang mengaplikasi nosel, jarum skep dan
cut away (bibir karbu) yang lebih besar ketimbang Taiwan.
5. Busi
Meski
Satria F 150 telah dilengkapi OIL COOLER, mesin juga butuh pendinginan
tambahan. Gak mungkin pakai dua oil coller( walaupun dengan sedikit
memaksa mungkin bisa di aplikasi , jalan keluarnya pakai aja busi tipe
dingin. Merk NGK Platinum CR8EGP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar