Rabu, 23 Mei 2012

cara membuat noken as recing

CARA MEMBUAT NOKEN AS RACING

DURASI EXHAUST LEBIH BESAR
Perlu dan penting ?
Kebanyakan para mekanik berpatokan pada mesin modern dengan durasi exhaust lebih besar. Atau mereka membuat durasi inlet yang lebih kecil. Karena porting buang dan pipa knalpot yang relative kecil, sempit, sesak, sehingga membutuhkan masa lebih untuk membuang kotoran dari silinder. Bahkan mereka bisa memundurkan noken as tanpa merugikan tenaga untuk tujuan memaksimalkan respon gas!
Sadarlah. Tidak ada sebuah pandangan yang PASTI BENAR, apalagi pendapat manusia! Kedua-duanya bisa jadi benar! Pada mesin standard, mungkin ya. Tapi pada mesin performa tinggi, semua hal berubah!
Rubah 1 faktor, contoh, sistem pembuangan –memasang knalpot racing- dan kamu sebenarnya tidak butuh durasi exhaust yang lebih lama! Lalu kenapa kebanyakan orang menyukai durasi exhaust lebih besar? Jawabannya : “KEBIASAAN” dan lainnya adalah pengikut latah. Kebanyakan dari mereka sudah sukses menemukan dengan cara mereka sendiri bahkan dalam keadaan terdesak apapun mungkin akan kepala batu untuk merubah kebiasaan mereka.
Sebelum melangkah terlalu jauh , ada baiknya kita melihat kebelakang, apa sih yang kita usahakan pada mesin kita untuk menciptakan tenaga yang lebih besar. Mesin balap sekalipun pada dasar nya = POMPA AIR! Kita pompa masuk dan keluar! Meski caranya berbeda. Dan kita punya kendala ketika satu jalur atau yang lain mampat! Kesetimbangan – Equilibrium – Aliran Flow harus menjadi fokus kita, jika tujuan kita mencari TENAGA!
Pada lintasan drag, pembalap lebih menyukai knalpot dengan pipa panjang dan durasi kem buang lebih lebar untuk membunuh torsi di putaran bawah supaya memudahkan mereka agar roda tetap mencengkeram aspal. Sudah seringkali trik ini sukses, dan sedikit meningkatkan tenaga putaran atas – yang sangat kamu butuhkan pada drag race karena trotle gas terus terbuka penuh sejak lampu hijau menyala!
Renungan : Jika durasi exhaust lebar membuat mesin bekerja lebih baik, dalam kata lain jika kamu butuh tenaga puncak yang lebih dengan bantuan durasi exhaust lebih besar, mungkin pada sisi intake juga mampu menghasilkan keuntungan sama jika durasinya diperlebar!?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar